10 Khasiat dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Ubi Jalar
Pada dasarnya ubi jalar adalah akar loh para pembaca sama seperti ubi kayu dan umbi-umbian lainnya, namun ubi jalar mempunyai rasa yang manis dan yang paling penting, ubi jalar mempunyai banyak sekali nutrisi yang terkandung, sehingga manfaat ubi jalar sangat banyak untuk kesehatan.

Ubi jalar memiliki banyak varietas, ada yang yang memiliki daging berwarna putih, kuning, oranye dan ungu. Nah, khusus ubi jalar yang berwarna oranye yang sering kita jumpai, ubi jalar ini mengandung banyak beta-karoten. Biasanya ubi jalar ini dikonsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Untuk ukuran satu buah cangkir (328 g) dari ubi jalar yang direbus tanpa kulit, maka berikut ini adalah 10 kandungan dan manfaat ubi jalar bagi kesehatan:

1. Baik untuk kesehatan mata (Vitamin A – 1033 % AKG)
Warna daging buah dan sayuran yang menarik menunjukkan bahwa ada kandungan penting. Warna daging pada ubi jalar menunjukkan terdapat vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Jadi jika Anda ingin mendapat kesehatan penglihatan yang baik, Anda bisa makan ubi jalar.

2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi (Vitamin C – 70 %AKG)
Vitamin C merupakan kandungan yang terdapat pada ubi jalar. Terdapat 70 %AKG vitamin  C untuk mencegah gigi longgar dan gusi berdarah.

3. Menguatkan tulang (Mangan - 44 %AKG)
Apakah Anda ingin mencegah osteoporosis? Maka ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sempurna untuk mencegah osteoporosis. Kenapa? Karena ubi jalar mengandung mangan, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam metabolisme tulang.

4. Mengatur kadar kolesterol (Fiber - 33 % AKG)
Ubi jalar juga kaya akan kandungan serat, sebuah karbohidrat yang terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat yang penting.

5. Menjaga kesehatan jantung (Vitamin B6 - 27 % AKG)
Vitamin B6 adalah kandungan ubi jalar yang membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Mengontrol tekanan darah (Potasium - 22 % AKG)
Buah-buah atau sayuran yang mengandung potasium adalah makanan yang baik untuk mencegah hipertensi. Jika Anda ingin menjaga tekanan darah dalam keadaan normal, maka kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan potasium atau Anda bisa makan ubi jalar.

7. Berguna untuk melawan stress (Asam pantotenat - 19 %AKG)
Ubi jalar kaya akan kandungan asam pantotenat, yaitu vitamin B yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon stres. Hal ini diyakini bahwa ketika seseorang menjadi stres, asam pantotenat dalam tubuh digunakan, oleh karena itu kita harus menjaga kadar asam pantotenat kita tetap cukup.

8. Mencegah keriput (Vitamin E - 15 %AKG)
Nah ini adalah kabar baik bagi kaum wanita, karena ubi jalar juga kaya akan kandungn vitamin E, Vitamin E telah dikenal baik karena manfaatnya dalam mencegah penuaan kulit. Alpukat dan kiwi juga kaya akan kandungan vitamin E.

9. Menstabilkan kadar gula darah (Magnesium - 15%AKG)
Magnesium adalah mineral peringkat keempat yang paling banyak terdapat dalam tubuh, namun hanya sedikit orang yang menyadari manfaatnya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi diet tinggi magnesium sangat jarang terkena tipe 2. Tamarin, buah pir dan nangka adalah salah satu sumber magnesium tertinggi dalam dalam buah-buahan.

10. Membantu tubuh menghasilkan energy (Zat besi - 13 %AKG)
Jika Anda telah merasa lelah dan lemah, mungkin tubuh Anda akan meminta lebih banyak zat besi. Makanlah ubi jalar kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Selain umbinya, daun ubi jalar itu sendiri sering digunakan untuk jadi sayuran. Itu tadi artikel kesehatan tentang 10 khasiat dan manfaat ubi jalar bagi kesehatan, semoga artikel ini berguna bagi Anda. Terima kasih.


sumber:
loading...

2 Responses to "10 Khasiat dan Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan"

brobeka hokz said...

ingat masa kecil sering panen ubi di sawah...rasanya enak..

Anonymous said...

Rasanya puleen....maniiisss..he